Kegiatan Verifikasi Rumor Food Security Pada Kunjungan Kerja Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Ke Wilayah Provinsi Kepulauan Riau

Kedatangan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (WAKAPOLRI) ke wilayah Provinsi Kepulauan Riau, tepatnya ke Kota Tanjung Pinang pada hari Jumat – Sabtu tanggal 2 -3 Februari 2024 merupakan kegiatan kunjungan kerja ke wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

 

Kegiatan food security merupakan salah satu tindakan pencegahan dan pengamanan terhadap makanan dan minuman yang akan di hidangkan kepada pejabat negara dengan tujuan untuk memastikan kualitas makanan/minuman tersebut dalam keadaan baik dan tidak mengandung zat-zat berbahaya dan beracun, melalui serangkaian proses pemeriksaan sampel makanan dan minuman.

Balai Laboratorium Kesehatan Masyarakat (BLKM) Batam yang memiliki tupoksi cegah tangkal penularan penyakit di wilayah layanan, berperan aktif dengan melaksanakan kegiatan verifikasi rumor food security berdasarkan informasi dan surat permohonan dari Dinas Kesehatan terkait. Berdasarkan Surat permohonan dukungan Tim Food Security kunjungan Wakapolri nomor: B/443/202/DINKES/2024 tanggal 29 Januari 2024 oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Riau, maka BLKM Batam dibawah komando Dinkes Provinsi Kepulauan Riau dan berkoordinasi dengan Polres Tanjung Pinang ikut perperan aktif dalam kegiatan pengamanan makanan dan minuman hidangan untuk Wakapolri beserta jajarannya (tamu VVIP) tersebut.
Selain BLKM Batam, tim lain yang juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini yakni: Tim food security Bidang Kedokteran dan Kesehatan (BIDDOKKES) Polda Kepri; Tim food security Balai Kekarantinaan Kesehatan (BKK) Tanjung Pinang dan Tim food security Loka POM Tanjung Pinang.

Pada verifikasi rumor food security BLKM Batam yang di tugaskan kali ini hanya 2 (dua) orang yang berasal dari Substansi Pengembangan Teknologi Laboratorium (PTL), yaitu Yusniawati, S.Si, M.Si, selaku Pranata Laboratorium Kesehatan (PLK) sekaligus penanggung jawab di lapangan dan Isnadi Arisandi juga sebagai PLK. Tim ini melaksanakan kegiatan food security di Aula Wan Sri Beni Dompak Tanjung Pinang pada hari Sabtu pagi sampai siang dengan didampingi langsung oleh Tim Kesehatan dari Polres Tanjung Pinang. Pemeriksaan spot test dilakukan terhadap 22 sampel makanan dan minuman yang sudah disiapkan oleh tim Biro Umum Pemprov Kepri berupa buah-buahan, kue-kue dan aneka minuman, sedangkan makanan berat disiapkan oleh Catering ibu Ramlah yang berada di Kota Tanjung Pinang. Pemeriksaan meliputi pemeriksaan secara fisik (rasa, bau dan warna), organoleptik dan kimiawi yaitu pemeriksaan terhadap kandungan Arsen, Boraks, Cyanida, Formalin, Methanyl Yellow, Nitrit dan Rhodamin B.

Selama kegiatan berlangsung tim food security dari BLKM Batam didampingi oleh Seksi Kedokteran dan Kesehatan (SIDOKKES) dari Polres Tanjung Pinang, hasil pemeriksaan dicatat langsung secara tertulis, sedangkan form pengambilan sampel ditandatangani oleh dr. Jefri A. Saragih sebagai custumer dan Yusniawati sebagai penanggung jawab tim food security dilapanagn serta disaksikan langsung oleh Ibu dr. Raja Dina Iswanty.

Berdasarkan hasil pemeriksaan diketahui bahwa seluruh makanan dan minuman yang diperiksa masih dalam kondisi baik secara fisik-organoleptik, namun untuk makanan berat dan 1 jenis kue mengandung senyawa nitrit, sehingga untuk mencegah terjadinya keracunan makanan (food borne disease) di sarankan makanan yg mengandung nitrit ditarik dari hidangan. (yusni)