Pelaksanaan Audit Internal ISO/EIC 17025:2017 di Lingkungan Balai Laboratorium Kesehatan Masyarakat (BLKM) Batam

Dengan berakhirnya masa pengumpulan jawaban temuan pada 29 Januari 2024, maka kegiatan audit internal yang dilaksanakan di Balai Laboratorium Kesehtan Masyarakat (BLKM) Batam, maka audit internal yang dilaksanakan pada 28 dan 29 Desember 2023 dinyatakan selesai, dengan hasil temuan sebanyak 9, yang terdiri dari 4 temuan kategori 2 dan 5 observasi.

Laboratorium penguji BLKM Batam, telah menerapkan sistem ISO/EIC 17025 sudah sejak tahun 2012 yang pada saat itu masih menggunakan versi 2008 dan masih menggunakan nama Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam.  Selanjutnya setelah rilis standar versi terbaru oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada tahun 2017, laboratorium BTKLPP pun ikut menyesuaikan dengan menganut ISO/EIC versi terbaru yaitu ISO/EIC:2017. ISO/EIC 17025:2017 merupakan acuan kempetensi dan referensi bagi laboratorium yang melakukan kegiatan pengujian dan kalibrasi.

Audit internal adalah bagian dari klausul yang terdapat pada ISO/IEC 17025:2017 dan tentunya menjadi wajib pelaksanaannya minimal satu kali dalam setahun. Audit internal pada laboratorium BLKM Batam merupakan aktivitas rutin yang berfungsi untuk memverifikasi bahwa kegiatan laboratorium dalam prosesnya telah memenuhi persyaratan sistem mutu ISO/IEC 17025. Selain itu, aktivitas audit internal dimaksudkan juga untuk mempersiapkan  pelaksananaan audit eksternal oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) dalam upaya mempertahankan akreditasi ISO/EIC 17025:2017.

Auditor ditunjuk berdasarkan Surat Keputusan (SK) Internal Kepala kantor BLKM Batam yang terbit pada tiap awal tahun. Kemudian auditor akan menyelenggarakan kegiatannya berdasarkan instruksi dari manajer mutu dan pelaksanaannya berpedoman pada kalender mutu yang telah dibuat oleh tim sekretariat. Pada kegiatan audit internal kali ini, ketua auditor yang ditunjuk adalah Yusniawati, S.Si, M.Si, dengan anggota auditornya Tengku Yuliarni, S.Si dan Phisa Isyah Ulfia. Pelaksanaan audit dilakukan dilapangan secara onsite untuk mendapatkan fakta kinerja mutu yang nyata. Sedangkan area audit dibatasi hanya lingkup laboratorium yang telah terakreditasi dan area pendukung. Berikut ini adalah area audit lingkup ISO/IEC 17025:2017:

  1. Area QMS ( Quality Managemen Sytem)
  2. Area Instalasi Pelayanan dan Humas
  3. Area Laboratorium Biologi (Instalasi Faktor Risiko Lingkungan)
  4. Area Laboratorium Kimia Fisika Air (Instalasi Faktor Risiko Lingkungan)
  5. Area Laboratorium Kimia Fisika Udara dan Radiasi (Instalasi Faktor Risiko Lingkungan)
  6. Area Instalasi K-3, Limbah, Media Reagensia
  7. Area Instalasi Kalibrasi dan Pengujian Mutu

Meskipun area audit terbatas dan pelaksanaan audit dilakukan dalam waktu hanya 2 (dua) hari, namun proses audit dapat berlangsung dengan baik dan berhasil mendapatkan beberapa temuan di lapangan dan juga temuan yang perlu mendapat perhatian khusus untuk dapat terus dikontrol dan ditingkatkan mutunya. (yusni)