Peran Serta Pelanggan Dalam Mewujudkan Pelayanan Prima (Acara Temu Pelanggan Btkl Batam)

BTKLPP Batam adalah adalah instansi pemerintah yang sedang membangun Zona Integritas (ZI) dimana pimpinan  dan seluruh jajaran telah berkomitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM). Tujuan dari Pembangunan  Zona Integritas itu sendiri adalah mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima.

Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan, BTKL Batam  telah melakukan berbagai langkah perbaikan yang berkesinambungan.  Peningkatan kompetensi SDM pelaksana pelayanan , mengukur indeks kepuasan masyarakat (IKM ) secara berkala  dan melaksanakan langkah tindak lanjut atas hasil IKM adalah beberapa contoh upaya konkrit yang telah dilakukan. Pada hari Senin, tanggal 07 November 2022 bertempat di salah satu hotel di kawasan pusat kota Batam , BTKLPP Batam juga telah  menggelar kegiatan temu pelanggan . Kegiatan ini bertujuan  untuk menampung saran , masukan dan juga kritikan pelanggan secara langsung terhadap pelayanan yang telah diberikan oleh BTKL Batam.“Peran Serta Pelanggan dalam Mewujudkan Pelayanan Prima” diangkat sebagai tema kegiatan.

Pertemuan dihadiri oleh perwakilan pelanggan dari seluruh jenis pelayanan yang tersedia yaitu ;  layanan program , layanan laboratorium pengujian maupun layanan magang / diklat. Acara dikemas santai , hangat dan akrab . Materi yang disampaikan narasumber juga relatif ringan yaitu profil layanan dan aplikasi IT yang mempermudah pelayanan . Diskusi dan masukan pelanggan untuk perbaikan kualitas layanan menjadi fokus utama kegiatan pertemuan ini. Acara juga diisi dengan quiz dan penobatan pelanggan terbaik BTKL BATAM.

Dari hasil diskusi dapat disimpulkan bahwa pelanggan  puas dan mengapresiasi positif seluruh jenis pelayanan BTKL Batam . Saran dan harapan utama pelanggan yang mengemuka adalah percepatan standar waktu penyelesaian pengujian di laboratorium , penambahan kuota magang bagi instansi pendidikan  dan penambahan parameter pengujian .

Hasil pertemuan dan diskusi pada hari itu dirangkum oleh tim perumus rencana tindak lanjut (RTL) dan akan diangkat sebagai topik dalam kaji ulang manajemen pada awal tahun 2023 , untuk dicari analisa penyebab dan tindakan perbaikan yang paling sesuai. Peningkatan kualitas pelayanan yang tercermin dari nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang lebih baik adalah outcome yang akan dicapai oleh seluruh tim pelayanan BTKL Batam. (Elvi)