SURVEILANS FAKTOR RESIKO KESEHATAN LINGKUNGAN SPAM DI KABUPATEN KARIMUN, PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Air merupakan sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup di muka bumi ini. Air memiliki peranan penting dalam hidup kita, kita semua bergantung pada air, untuk itu air harus dipelihara dan dikelola sebagaimana mestinya. Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita memerlukan air untuk minum, memasak, mencuci, dan lain sebagainya. Air tersebut harus memenuhi standar 3B yaitu tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak beracun.

Pemerintah daerah dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas air bersih dan air minum telah membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Dengan adanya SPAM diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memperoleh air minum secara merata dan dapat digunakan untuk kebutuhan sanitasi. Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam didalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya dan didalam mendukung pemerintah daerah bagi peningkatan kualitas kesehatan masyarakat telah melakukan inspeksi kesehatan lingkungan dan pengambilan sampel air baku dan air minum guna mengetahui kualitas dari air baku dan air minum yang telah dihasilkan oleh SPAM.

31 Agustus 2022 s/d 2 September 2022 Tim BTKLPP Kelas I Batam yang terdiri dari Imam Dzakirin, S.Kes, Wiwi Agatha Purba dari substansi ADKL dan Arisda Yusmanti A.Md.Kes dari substansi PTL melakukan koordinasi teknis pelaksanaan kegiatan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun dalam rangka melakukan kegiatan inspeksi kesehatan lingkungan pada Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan melakukan pengambilan spesimen sampel air baku dan air minum di lokasi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Pelaksanaan kegiatan pengambilan sampel air baku dan air minum dilakukan di 5 lokasi yang berada di Kabupaten Karimun yaitu SPAM PAMSIMAS KKM Beruntung, SPAM Perumda Tirta Mulia, SPAM BKM Sejahtera, PAMSIMAS II Teluk Umah, dan PAMSIMAS KKM Bukit Berangan. Air baku yang digunakan di kelima SPAM berasal dari air permukaan (waduk), mata air dan sumur gali. Selanjutnya sampel air baku dan air minum dilakukan pemeriksaan parameter biologi dan parameter kimia di laboratorium BTKLPP Kelas I Batam.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (0778) 8075096 atau email: humas@btklppbatam.id

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *