Penyelidikan Epidemilogi (PE) Covid Pada Pertemuan RI1 Dengan PM Singapura Di Lagoi – Bintan

BINTAN – Pada tanggal 24 – 25 Januari 2022 diadakan pertemuan bilateral antara Presiden RI Joko Widodo dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Liong di Hotel Sancaya Resort Wisata Lagoi di Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau. Sesuai kondisi protokoler penanganan covid-19, maka dilakukan tindakan prosedural terkait demi pengamanan. BTKLPP Batam sebagai laboratorium pemeriksaan Covid turut dilibatkan dalam kegiatan pengamanan ini dengan dilakukannya untuk pemeriksaan PCR dan TCM seluruh peserta pertemuan dan pihak yang membantu terselenggaranya pertemuan.

Tim dari BTKLPP Batam yang ditugaskan berjumlah 10 orang yang terdiri dari satu orang koordinator lapangan, dua orang epidemiolog dan tujuh orang pranata laboratorium serta membawa mobil laboratorium bergerak untuk pemeriksaan sejak 23 Januari 2022. Sedangkan swab dilakukan oleh petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Pinang dan RSUD Bintan serta Klinik BRC yang melakukan swab para petugas dari resort Lagoi.

Total sampel yang diperiksa selama dua hari berjumlah 1.113 sampel (1.101 sampel PCR dan 12 sampel TCM). Hasil yang didapatkan yaitu dua sampel positif Covid dengan pemeriksaan PCR. Kedua sampel positif dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk WGS dan SGFT, dan hasilnya satu sampel probable omicron.

Sampel yang positif segera dilakukan tracing berupa penyelidikan epidemiologi dan swab kontak erat pada tanggal 26 oleh Dinas Kesehatan Kab. Bintan. Sementara untuk seorang suspect yang berasal dari batam dilakukan penyelidikan epidemiologi dan pengambilan sampel swab kontak erat keluarga oleh Dinkes Kota Batam dan tim PE BTKL Batam pada tanggal 27 Januari 2022. Beberapa rekomendasi telah disampaikan kepada pihak terkait guna perbaikan ke depannya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *