BTKLPP Kelas I Batam mengikuti kegiatan Re Asessment dan Witness ISO/IEC 17025:2017 oleh Komite Akreditasi Nasional

Dalam rangka mempertahankan status akreditasi ISO/IEC 17025:2017, BTKLPP Kelas I Batam mengikuti kegiatan Re Asessment dan Witness ISO/IEC 17025:2017 oleh Komite Akreditasi Nasional pada tanggal 30 – 31 Maret, dan 01 April 2021.Pelaksanaan Asesment ISO/IEC 17025:2017 merupakan reakreditasi kedua kalinya sejak BTKLPP Kelas I Batam mendapatkan akreditasi ISO/IEC 17025:2017 pada tahun 2012 oleh Komite Akreditasi Nasional.

Pelaksanaan asesment re-akreditasi kali ini berbeda dari asesment asesment sebelumnya, kondisi pandemi covid 19 yang masih berlangsung menyebabkan proses asessment dilakukan secara daring.Pelaksanaan Remote Assesment dilakukan sesuai dengan mekanisme yang sudah ditetapkan oleh Komite Akreditasi Nasional. Pelaksanaan re-akreditasi tahun ini terdiri dari Witness dan Assesment.

Asesor yang ditunjuk oleh Komite Akreditasi Nasional antara lain Bapak Wusmin Tambunan (Purnabakti BPOM) sebagai Ketua Tim Asesor, dan 3 Anggota Asesor lainnya yaitu Bapak Lukman (PT. ITC Solution Indonesia), Ibu Eti Sumiati (DLH Kabupaten Bogor), dan Ibu Yeyen Febrianti (Badan Standardisasi Nasional). Opening meeting dibuka oleh Kepala BTKLPP kelas I Batam Bapak Budi Santosa, S.K.M, M.K.K.K.

Mekanisme asesment terdiri dari pelaksanaan witness dan assesment. Witness merupakan penyaksian unjuk kerja laboratorium untuk proses pengambilan sampel (sampling) serta pemeriksaan sampel di lapangan ataupun di laboratorium.Witness merupakan program dari Komite Akreditasi Nasional yang wajib harus diikuti oleh laboratorium penguji. Selanjutnya setelah proses witness dilakukan, asesor akan lanjut assesment terkait rekaman dan dokumentasi dari implementasi ISO/IEC 17025:2017 di Laboratorium Penguji BTKLPP Kelas I Batam.

#btklppbatam#btklpp#batam

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *